Pages

Thursday, October 15, 2015

Membuat Garis Vertikal, Horizontal, dan Diagonal di OpenGL

Nama                  : Fuad Pratama Putra
NPM                   : 13113595
Kelas                   : 3KA26


Sebelum membuat garis di DEV C++ dengan OpenGL, pertama-tama kita harus membuat project baru terlebih dahulu. Berikut caranya :
Lalu, pilih tab multimedia. Klik openGL > pilih C++ Project > beri nama > lalu OK.

Setelah itu pilih dimana project tersebut ingin disimpan, lalu klik "Save".
            Setelah disimpan, program langsung akan membuka lembar kerja yang sudah ada source code untuk OpenGL. Yang harus diubah adalah bagian dibawah komentar :

           
/* OpenGL animation code goes here */
Untuk membuat garis, yuk kita ikuti cara berikut ini :

1.     Membuat Garis Vertikal

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);          {Untuk memilih warna background ketika di bersihkan}
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); {Untuk membersihkan layar latar belakang}
glPushMatrix ();                                               {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku lagi untuk bagian luar}
glBegin(GL_LINES);                                {Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan}
glVertex3f(0,10, 0.10, 13.13);                    {Untuk menentukan titik awal pembuatan garis}
glVertex3f(0.0,0.0,0.0);                                {Untuk menentukan titik akhir pembuatan garis}
glEnd ();                                                           {Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir}
glPopMatrix ();                                             {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC);                                        {Untuk menggantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar}
Sleep (1);

Outputnya :
(compile dengan menekan F9 )


2.     Membuat Garis Horizontal

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);          {Untuk memilih warna background ketika di bersihkan}
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); {Untuk membersihkan layar latar belakang}
glPushMatrix ();                                               {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku lagi untuk bagian luar}
glBegin(GL_LINES);                                {Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan}
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);                        {Untuk menentukan titik awal pembuatan garis}
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);                      {Untuk menentukan titik akhir pembuatan garis}
glEnd ();                                                           {Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir}
glPopMatrix ();                                             {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC);                                        {Untuk menggantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar}
Sleep (1);

Outputnya :
(compile dengan menekan F9 )


3. Membuat Garis Diagonal

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);          {Untuk memilih warna background ketika di bersihkan}
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); {Untuk membersihkan layar latar belakang}
glPushMatrix ();                                               {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku lagi untuk bagian luar}
glBegin(GL_LINES);                                {Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan}
glVertex3f(-5.0,-5.0,-0.8);                            {Untuk menentukan titik awal pembuatan garis}
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);                                {Untuk menentukan titik akhir pembuatan garis}
glEnd ();                                                           {Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir}
glPopMatrix ();                                             {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC);                                        {Untuk menggantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar}
Sleep (1);

Outputnya :
(compile dengan menekan F9 )


LOGIKANYA :

               
logika dari pembuatan garis vertika, horizontal, dan juga diagonal memiliki pemahaman yang sama. “glBegin(GL_LINES);” merupakan perintah untuk membuat garis. Selanjutnya “glVertex3f” digunakan untuk menentukan dimana letak garis awal dan akhir pembuatan garis tersebut dengan menentukan koordinatnya. Dalam membuat garis vertikal, horizontal, dan diagonal harus menggunakan koordinat yang berbeda-beda. Setelah anda yakin dengan koordinat yang anda buat. Tekan F9 untuk meng-compile dan me-RUN atau menjalankan program tersebut.

           

0 comments:

Post a Comment