Nama : Fuad Pratama
Putra
NPM : 13113595
Kelas : 3KA26
Sebelum membuat garis di DEV C++ dengan OpenGL, pertama-tama kita harus membuat project baru terlebih dahulu. Berikut caranya :
NPM : 13113595
Kelas : 3KA26
Sebelum membuat garis di DEV C++ dengan OpenGL, pertama-tama kita harus membuat project baru terlebih dahulu. Berikut caranya :
Lalu, pilih tab multimedia. Klik openGL > pilih
C++ Project > beri nama > lalu OK.
Setelah itu pilih dimana project tersebut ingin disimpan, lalu klik "Save".
Setelah disimpan, program langsung akan
membuka lembar kerja yang sudah ada source code untuk OpenGL. Yang harus diubah
adalah bagian dibawah komentar :
/* OpenGL animation code goes here */
/* OpenGL animation code goes here */
Untuk membuat garis, yuk kita ikuti cara berikut ini
:
1. Membuat
Garis Vertikal
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); {Untuk memilih warna
background ketika di bersihkan}
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); {Untuk
membersihkan layar latar belakang}
glPushMatrix
();
{Untuk membuat
baris kode menjadi tidak berlaku lagi untuk bagian luar}
glBegin(GL_LINES);
{Untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan}
glVertex3f(0,10,
0.10, 13.13); {Untuk menentukan titik
awal pembuatan garis}
glVertex3f(0.0,0.0,0.0);
{Untuk
menentukan titik akhir pembuatan garis}
glEnd
(); {Untuk
mengakhiri gambar garis di titik akhir}
glPopMatrix
(); {Untuk
membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers
(hDC);
{Untuk menggantikan bagian
belakang buffer menjadi buffer layar}
Sleep
(1);
Outputnya
:
(compile
dengan menekan F9 )
2. Membuat
Garis Horizontal
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); {Untuk memilih warna
background ketika di bersihkan}
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); {Untuk
membersihkan layar latar belakang}
glPushMatrix
();
{Untuk membuat
baris kode menjadi tidak berlaku lagi untuk bagian luar}
glBegin(GL_LINES);
{Untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan}
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); {Untuk menentukan titik
awal pembuatan garis}
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); {Untuk menentukan
titik akhir pembuatan garis}
glEnd
(); {Untuk
mengakhiri gambar garis di titik akhir}
glPopMatrix
(); {Untuk
membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers
(hDC);
{Untuk menggantikan bagian
belakang buffer menjadi buffer layar}
Sleep
(1);
Outputnya :
(compile
dengan menekan F9 )
3. Membuat Garis Diagonal
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); {Untuk memilih warna background ketika di bersihkan}
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); {Untuk
membersihkan layar latar belakang}
glPushMatrix
();
{Untuk membuat
baris kode menjadi tidak berlaku lagi untuk bagian luar}
glBegin(GL_LINES);
{Untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan}
glVertex3f(-5.0,-5.0,-0.8); {Untuk
menentukan titik awal pembuatan garis}
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
{Untuk
menentukan titik akhir pembuatan garis}
glEnd
(); {Untuk
mengakhiri gambar garis di titik akhir}
glPopMatrix
(); {Untuk
membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers
(hDC);
{Untuk menggantikan bagian
belakang buffer menjadi buffer layar}
Sleep
(1);
Outputnya
:
(compile
dengan menekan F9 )
LOGIKANYA
:
logika dari pembuatan garis vertika, horizontal, dan juga diagonal memiliki pemahaman yang sama. “glBegin(GL_LINES);” merupakan perintah untuk membuat garis. Selanjutnya “glVertex3f” digunakan untuk menentukan dimana letak garis awal dan akhir pembuatan garis tersebut dengan menentukan koordinatnya. Dalam membuat garis vertikal, horizontal, dan diagonal harus menggunakan koordinat yang berbeda-beda. Setelah anda yakin dengan koordinat yang anda buat. Tekan F9 untuk meng-compile dan me-RUN atau menjalankan program tersebut.
0 comments:
Post a Comment